Dalam rangka mendorong munculnya pengusaha muda di perguruan tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali menyelenggarakan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia tahun 2019, yang akan dimulai dengan Workshop Rencana Bisnis bagi di 11 kota di seluruh Indonesia.

Menjadi pengusaha membutuhkan tekad kuat, mampu memunculkan ide-ide inovatif, sekaligus determinasi tinggi dalam menghadapi tantangan. Neil Patel, seorang angel investor dalam dunia digital, pada tahun 2016 mengatakan, sebanyak 9 dari 10 startup gagal di tengah jalan dalam membangun bisnis yang berkelanjutan. Untuk itu, dibutuhkan sebuah alasan yang kuat untuk menjadi pengusaha (noble purpose).

Beberapa isian berikut ini memandu Anda dalam menentukan noble purpose Anda.

Biodata Mahasiswa
Pastikan mengupload noble purpose dengan hashtag #KBMI2019 dengan username yang didaftarkan. Boleh menggunakan username bisnis yang sudah dimiliki
Workshop

Contoh:
1) Noble purpose-nya Steve Jobs (Apple, Inc.) adalah "Memberikan kontribusi kepada dunia dengan menciptakan alat untuk pikiran demi kemajuan umat manusia."
2) Noble purpose-nya Mursida Rambe (BMT Beringharjo Yogyakarta) "Membantu sebanyak mungkin kaum papa dari jeratan rentenir."

Contoh: Mursida Rambe menyaksikan seorang ibu-ibu tua dan anaknya diusir dari rumah gubuknya oleh rentenir karena tidak mampu membayar hutangnya.

Sebelumnya